Fatimah Hidayati

Tuesday, November 15, 2011

Surat Tunda PTT (sekarang namanya Surat Keterangan untuk mengikuti pendidikan PPDS)

DokterHaloo bloggers, ketemu lagi...Ingin sharing pengalaman, terutama untuk kita2 yang ga PTT dengan berbagai alasannya (termasuk saya sendiri..=D). Saya rasa, dokter umum terutama di kota besar, pasti berkeinginan untuk mengambil pendidikan spesialis. Sebagai salah satu pesyaratan untuk dapat mendaftar langsung PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) tanpa PTT, maka dibutuhkan surat untuk tunda PTT yang dikeluarkan oleh Dinkes terkait (sekarang namanya Surat Keterangan untuk mengikuti pendidikan PPDS).

Nah, gmana sih cara buatnya?

First step: datengin deh tuh Dinkes DKI Jakarta (Jl. Kesehatan 10, Jakarta Pusat).  Buat ngurus surat ini, kita menuju Gedung Blok C, lantai 2.

View Larger Map

Next, biar ga bolak balik, penuhin dulu persyaratan berkas2nya biar bisa langsung diurus.

Ini dia persyaratannya:

  1. Fotokopi legalisir Ijasah (S.Ked dan Dr)
  2. Fotokopi STR
  3. Surat Keterangan Sehat (dari RS Pemerintah, anak fkui –> ke PKM aja, cukup seharga 15 rb sajah)
  4. Fotokopi SBAS (Surat Bukti Angkat Sumpah) yang dilegalisir
  5. Pas Foto 4x6 (2 lembar –> tulis nama di belakangnya) –> ini baru pake latar belakang merah

Untuk No 1-4, cukup sebanyak 1 lembar, jangan khawatir yang diminta 4 rangkap legalisir untuk CHS, jadi nanti setelah suratnya jadi, kita foto kopi dan legalisir (gratis kok).

Siapin juga materai 6000 nya + nomor2 SIP yang kita punya.

Nanti kita diminta fotokopi formulir (kalo udh ada yg punya, lebih bagus kopiin bwt temen2nya..=D) , trus isi deh..salah satunya ada isian tentang Nomor SIP yang kita punya.

Dilembar terakhir, ada semacam surat pernyataan kita mau melanjutkan pendidikan spesialis dan kalo udh jadi spesialis bersedia ditempatkan di mana pun oleh Kemenkes sesuai perundangan yang berlaku. Btw, setau saya PTT skrg ga wajib, tp kenapa ada pernyataan ini yah? yah karena saya butuh, akhirnya tetap saya ttd..=( . Tanda tangan formulir pernyataannya di atas materai 6000.

Dalam 15 hari kerja bisa selesai (bisa juga 2 minggu), sebelumnya hubungi Pak Mangisi 021-34351338 udh tahu udh jadi atau belumnya. Ambil, dan perbanyak sejumlah yang dibutuhkan (4 untuk CHS) + 1 buat arsip mereka, selanjutnya tinggal dicap untuk legalisir. No Biaya ternyata (hanya fotokopi2+transport pribadi). =D

Yuups, selamat mencoba…=)

Technorati Tags: ,,

2 comments:

  1. mba..kalo kita udah lulus lebih dr 3 tahun, masih bisa urus surat tunda ptt ga ya..? (sy lulusnya agustus 2008), soalnya sy baca disyarat ppds ui, "Calon peserta PPDS pra PTT hanya untuk lulusan 2 tahun berjalan dari rencana pendidikan", itu maksudnya apa ya..?

    ReplyDelete
  2. sahabatku ini emang okeee bangett dehh,,lengkap semua2nyaa:) the maticulus Ima:p

    ReplyDelete