Fatimah Hidayati

Friday, November 25, 2011

Persyaratan PPDS Setiap Program Studi FKUI

 

Bagi teman sejawat baik dari UI maupun Non UI yang tertarik untuk mendaftar PPDS di UI, berikut saya sampaikan persyaratan umum secara singkat masing-masing Departemen:

No

Program Studi

Persyaratan

1

Anestesiologi (Anestesi)

  • Usia < 35 tahun
  • TOEFL > 450

2

Ilmu Bedah (Bedah Umum)

  • Usia Calon ≤ 35 tahun
  • IPK (Profesi Dokter) min 2,75
  • TOEFL minimal 500 dari LIA Pramuka
  • ATLS

3

Ilmu Penyakit Dalam (IPD/Interna)

  • Usia Calon Reguler ≤ 35 tahun; Perluasan ≤ 40 tahun
  • IPK (Profesi Dokter) min 2,5
  • TOEFL minimal 500 (test di Program Studi)

4

Ilmu Kesehatan Anak (IKA/Pediatri)

  • Usia Calon Reguler < 35 tahun; Perluasan < 40 tahun
  • IPK (Profesi Dokter) min 2,7
  • TOEFL ≥ 500 (test di Program Studi)
  • Pengalaman dokter Klinik minimal 6 bulan

5

Obstetri & ginekologi (Obgin)

  • Usia Calon Reguler ≤ 35 tahun; ≤ 40 tahun TNI/POLRI, Staf akademik, Pemda, RS Negeri/Swasta, Perluasan
  • IPK (Profesi Dokter) ≥ 2,75
  • TOEFL (Ujian Internal)
  • Surat keterangan telah bekerja sebagai dokter praktek minimal 6 bulan dari dikeluarkannya SIP
  • Tidak boleh melamar lebih dari 2 kali
  • Sertifikat ACLS yang berlaku ≤ 2 tahun

6

Ilmu Penyakit Saraf (Neurologi)

  • Usia Calon Reguler < 36 tahun; ≤ 40 tahun untuk program perluasan atau berasal dari TNI/POLRI, Staf pengajar, Pemda, BUMN
  • IPK min 2,75
  • TOEFL min 500
  • Pengalaman kerja di bidang kedokteran dan non kedokteran

7

Ilmu Kedokteran Jiwa (Psikiatri)

  • Usia Calon Reguler < 35 tahun; tubel/perluasan ≥ 35 tahun
  • TOEFL min 500 dengan sertifikat LIA atau LBI UI
  • Tidak boleh melamar lebih dari 2 kali

8

Ilmu Kesehatan Mata

  • Usia Calon Maksimal 35 tahun
  • IPK (Profesi Dokter) min 2,75
  • TOEFL min 500
  • Pengalaman kerja sebagai dokter umum 1 tahun
  • Bagi peserta wanita saat seleksi tidak sedang hamil

9

Ilmu Kesehatan Kulit & Kelamin

  • Usia calon ≤ 35 tahun (saat mulai pendidikan)
  • IPK (Profesi Dokter) ≥ 2,5
  • TOEFL ≥ 500
  • Pengalaman kerja sebaga dokter umum ≥ 1 tahun
  • Lulus ujian saringan lainnya

10

Ilmu Penyakit Telinga, Hidung dan Tenggorok (THT)

  • Usia calon < 35 tahun
  • IPK (Profesi Dokter) min 2,75
  • TOEFL min 500
  • Tidak boleh melamar lebih dari 2 kali
  • Pengalaman kerja 2 tahun bagi calon peserta pasca PTT

11

Ilmu Penyakit Jantung & Pembuluh Darah (Kardiologi)

  • Usia Calon ≤ 35 tahun kecuali untuk program perluasan atau berasal dari TNI/POLRI atau Staf pengajar yang dikirim oleh lembaga perguruan tinggi negeri (PTN) atau swasta (PTS)
  • IPK (Profesi Dokter) ≥ 2,75
  • TOEFL ≥ 500 (lembaga yang ditunjuk oleh Prodi. IPJ dan PD FKUI)
  • Pengalaman kerja sebagai dokter umum ≥ 1 tshun
  • Hasil pemeriksaan audiologi (pendengaran) normal
  • Surat keterangan bebas buta warna
  • Sertifikat ACLS yang diperoleh 1 tahun terakhir

12

Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi

  • Usia calon maksimal 35
  • TOEFL min 400

13

Radiologi

  • Usia < 36 tahun termasuk HANKAM
  • IPK min 2,75 untuk lulusan > tahun 2006; min 2,5 untuk lulusan < tahun 2006
  • TOEFL Reguler min 450; Tubel min 400 berdasarkan test kolektif di LIA Pramuka
  • Untuk semua peserta baru PPDS Sp-1 Radiologi TOEFL I     < 500 harus mengikuti pendidikan tambahan TOEFL I

14

Ilmu Kedokteran Forensik

  • Usia Calon ≤ 35 tahun
  • IPK (Profesi Dokter) min 2,5
  • TOEFL min 500
  • Pengalaman Kerja sebagai dokter umum min 1 tahun

15

Patologi Anatomik (PA)

  • Usia Calon Reguler < 36 tahun (saat seleksi administrasi di FKUI), TNI/POLRI, Perluasan, staf Pengajar Negeri (PTN) atau Swasta (PTS), Pemda, BUMN, RS Swasta < 40 tahun
  • IPK (Profesi Dokter) ≥ 2,5
  • TOEFL ≥ 500 (TOEFL Internasional/ TOEFL Institusional yang diakui), IELTS ≥ 6,0
  • Memiliki pengalaman kerja di fasilitas pelayanan kesehatan minimal selama 1 tahun

16

Patologi Klinik (PK)

  • Usia Calon < 35 tahun saat seleksi di FKUI
  • IPK (Profesi Dokter) > 2,5
  • TOEFL min 450
  • TOEFL min 500 serta mampu berbahasa Indonesia baik lisan maupun tulisan bagi calon pelamar dari Luar Negeri
  • Mengikuti tes akademik dan wawancara

17

Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi

  • Usia Calon ≤ 35 tahun
  • IPK ≥ 2,75
  • TOEFL min 500 dari LIA dan LBI UI
  • Sertifikat ATLS

18

Urologi

  • Usia Calon ≤ 35 tahun reguler dan ≤ 40 tahun perluasan
  • IPK ≥ 2,75
  • TOEFL min 500 dari LIA Pramuka
  • Tidak melamar lebih dari 2 kali

19

Ilmu Bedah Syaraf (Neurosurgery)

  • Usia Calon ≤ 36 tahun
  • IPK (Profesi Dokter) min 2,75
  • TOEFL min 525
  • Pengalaman kerja sebagai dokter umum minimal 1 tahun
  • Excellent Nationality

20

Ilmu Rehabilitasi Medik

  • Usia Calon Reguler/Tubel < 36 tahun; Perluasan < 40 tahun (saat seleksi administrasi di FKUI)
  • IPK min 2,75
  • TOEFL min 450
  • Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun di fasilitas pelayanan kesehatan menjalani profesi sebagai dokter umum
  • Membuat surat lamaran khusus ditujukan ke KPS
  • Surat pernyataan dukungan moril & finansial
  • Pernyataan bersedia menunda kehamilan (2 semester berturut-turut) dan tidak cuti selama 12 bulan pertama

21

Ilmu Bedah Plastik

  • Usia Calon ≤ 35 tahun
  • IPK (Profesi Dokter) ≥ 2,75
  • TOEFL > 500 (harus sudah disertakan saat awal pemberkasan di PDPT/CHS)
  • Sertifikat ATLS dilampirkan saat pemberkasan
  • Pernah membuat tulisan ilmiah setelah lulus dokter dan pernah sebagai peneliti atau membantu penelitian (mendapat poin tinggi)
  • Pernah mengikuti pelatihan/terpapar pada kegiatan yang berhubungan dengan bedah plastik (mendapat poin tinggi)
  • Membuat pernyataan tidak pernah berhenti dari program studi lain karena alasan afektif (perilaku)
  • Membuat pernyataan belum pernah dinyatakan gagal seleksi calon PPDS Ilmu Bedah Plastik di FKUI maupun FK Unair

22

Ilmu Kedokteran Olahraga

  • Usia Calon < 40 tahun
  • TOEFL > 500
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi
  • Mampu bekerjasama dalam kelompok

23

Mikrobiologi Klinik

  • Usia Calon min 40 tahun
  • IPK (Profesi Dokter) min 2,75
  • TOEFL min 500

24

Farmakologi Klinik

  • Usia ≤ 45 tahun
  • IPK (Profesi Dokter) ≥ 2,5
  • TOEFL ≥ 450

25

Kedokteran Okupasi

  • Usia ≤ 40 tahun
  • IPK ≥ 2,7 (lulusan dokter); ≥ 3,0 (Lulusan Magister Kedokteran Kerja/Dokter Industri)
  • TOEFL min 500
  • Pengalaman kerja sebagai dokter selama 3 tahun bagi lulusan Magister
  • Lulus Psikotes dan Wawancara Motivasi

26

Ilmu Bedah Toraks Kardiovaskular (BTKV)

  • Usia calon ≤35 tahun reguler dan ≤ 40 tahun perluasan
  • IPK ≥ 2,75
  • Tidak melamar lebih dari 2 kali

27

Onkologi Radiasi (Radioterapi)

  • Usia calon ≤ 35 tahun reguler dan ≤ 40 tahun perluasan
  • IPK ≥ 2,5
  • TOEFL min 450
  • Melamar hanya 1 kali

28

Gizi Klinik

  • Usia waktu pendidikan dokter spesialis < 35 tahun untuk reguler dan < 45 tahun bagi non reguler & instansi pemerintah
  • IPK Magister Gizi ≥ 2,75
  • TOEFL prediction min 450
  • Surat keterangan sehat dari PKM FKUI dan status gizi dari Departemen Gizi FKUI
  • SKKB dari POLRI

29

Parasitologi Klinik

  • IPK ≥ 2,75
  • TOEFL ≥ 450
  • Calon peserta yang sudah magister parasitologi diperhitungkan nilai kredit magisternya

30

Akupunktur Medik

  • Usia calon Reguler max 35 tahun, dan max 4o tahun bagi perluasan/ peserta yang dikirim dari instansi pemerintah, TNI/POLRI maupun Perguruan Tinggi, sejak perkuliahan pertama dimulai
  • TOEFL min 450
  • Bagi yang bekerja, melampirkan surat ijin dan surat Tugas Belajar resmi dari kepala institusi tempat bekerja.
  • Lulus ujian seleksi baik tertulis dan wawancara

Persyaratan Khusus:

  • Calon Peserta rata-rata hanya boleh melamar 2 (dua) kali di Program Studi yang sama, tidak perlu berturutan.

Nilai Tambah Untuk Dipertimbangkan:

  • Usia calon
  • Indeks Prestasi Kumulatif
  • Pengalaman kerja di bidang kedokteran
  • Pengalaman kerja di bidang non kedokteran
  • Prestasi/kegiatan selama mahasiswa
  • Prestasi/kegiatan setelah lulus/setelah bekerja
  • Hal-hal lainnya

Semoga bermanfaat..=D

Referensi

CHS UI

 

15 comments:

  1. thanks a lot kak ime.
    memang ime luar biasa, bisa melakoni suster, pedangdut & blogger sekaligus hahaha.
    *2 jempol kaki buat ime*

    ReplyDelete
  2. Hahaha multi talenta doong...=p
    Bagi informasi, barangkali aja gw didoain orang banyak biar keterima PPDS..hehehe

    ReplyDelete
  3. bermanfaat sekali infonya,apalagi buat saya yang di luar Jakarta. Semoga lulus ppds anaknya ya mbak, amiin...

    oh ya mbak, mohon info tentang ppds radiologinya ya. terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  4. iya amiin, emang biar bermanfaat buat org bnyk.
    Info tentang apa nya niih?biar nanti coba dicariin informasi..
    Syarat2nya kaya di atas, kalo biayanya, coba aja liat yang Biaya PPDS FKUI...=D

    ReplyDelete
  5. Makasih mbaak infonya...minta tolong dibahas tentang PPDS Bedah Saraf donk...
    Sekaligus realita2 selama residen...hehe...

    ReplyDelete
  6. Info Seputar topik-topik yang sering diujikan, serta seputar kehidupan rsidensinya. Makasih ya mbak ^^

    ReplyDelete
  7. Terima kasih infonya mbak..
    Jika ada info tambahan mengenai tips buat lulus d PPDS anestesi,mohon d share mbak..hehehe..
    Kebetulan saya lulusan diluar pulau jawa..

    ReplyDelete
  8. Terima kasih ya fatimah atas info ppds nya.. sangat berguna sekali.. jadi nya ga blank bgt deh pas ke fkui nya... rencana aku mau ambil radiologi nih..

    ReplyDelete
  9. mbak mau tanya, klo THT UI..persyaratan "pengalaman 2 thn bekerja bagi calon peserta pasca PTT" itu maksudnya apa? jadi klo kita habis PTT br bisa daftar 2 thn kemudian? wah klo gt g usah PTT dulu dong hehehhe.. apa saya salah tanggap ya..mohon penjelasannya...

    makasih

    ReplyDelete
  10. mb fatimah, punya soal ujian ppds khususnya kulit ga mb? sy ingin sekali bsa masuk ppds itu. mksh sblmnya

    ReplyDelete
  11. Salam Mba Ima (Ime)... Persyaratan-persyaratan ini masih sama dengan yang tahun 2012 sekarang mba? cenderung sama persyaratannya dari tahun ke tahun? trims mba.

    ReplyDelete
  12. mba.. saya lulusan internship,, Kira-kira persyaratannya sama saja, atau mungkin harus menambah pengalaman kerja di RS selama 6 bln, atau 1 thn misalnya.. jika ada info mohon dishare ya mbak. terimakasih sblmnya

    ReplyDelete
  13. Ass..Salam sejawat.

    Mau tanya..untuk yg perhitungan syarat ipk apa bnr itu cuma ipk profesi saja yg dipakai..?atau gabungan antara ipk sked + profesi dgn perhitungan :
    Jmlh sks ( sked) x ipk (sked) = A
    Jmlh sks ( profesi) x ipk ( profesi ) = B
    A + B = C
    C / 200 = ...

    Mohon pencerahannya..
    Trus ppds bedah, apakah atls itu syarat mutlak hrs ada atau bisa dgn srt keterangan tunda atls, mengingat atls saat ini waiting listnya sgt lama..
    Trima ksh untuk informasinya.

    ReplyDelete
  14. mbak,saya ini bru slesei internship tp di daerah yg notabene nya dokterny msh sedikit jd internship bertindak sebagai dokter umum.saya jg dpt surat pengalaman kerja sbgi dokter umum.apa itu bs d pakai?aduh saya bingung :( oia saya berencana mengambil kedokteran fisik dan rehabilitasi medik..mksh mbak..

    ReplyDelete
  15. I'm wanna to ask sist..
    Itu syarat ipk nya hanya ipk profesi saja atau gabungan antara ipk sked+profesi..mhn info kejelasannya..toh seandainya syarat ipk kita tdk memenuhi syarat, apakah kita bisa ttp melanjutkan pendaftaran..?thanks alot for information..
    Salam sejawat.

    ReplyDelete