Fatimah Hidayati

Tuesday, November 1, 2011

Sharing Info Jurnal Anak Indonesia

 

Bagi yang tertarik dengan dunia kesehatan, terutama dunia kesehatan anak, tentu ingin mencari kumpulan hasil penelitian dan review article/ studi literatur tentang ilmu kesehatan anak (IKA) yang terpercaya dan terakreditasi dari negara sendiri.

Untuk itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)/ Indonesian Pediatric Society (IPS) di bawah Pengurus Pusat, khususnya di Badan Penerbit mengakomodasi kebutuhan tersebut dengan mengeluarkan 3 jurnal & buletin berkala yang terbit tiap 2 bulan sekali, yaitu Paediatrica Indonesiana, Sari Pediatri, dan Buletin IDAI.

Dari 3 di atas, Paediatrica Indonesiana (PI) dan Sari Pediatri (SP) merupakan jurnal yang dapat diandalkan untuk menjadi referensi penulisan makalah ilmiah. Sebagai informasi, PI & SP sudah pernah mendapatkan akreditasi dengan nilai A dari Depkes, walaupun saat ini berakreditasi B. Sedangkan Buletin IDAI lebih sebagai wadah dokter anak se-Inonesia berkomunikasi, mulai dari kegiatan IDAI pusat dan cabang sampai dengan profil dokter-dokter anak di Indonesia.

Untuk berlangganan majalah tesebut, dapat mengubungi Badan Penerbit IDAI di Telp. (021)-3912577. Biaya berlangganan PI Rp. 30 ribu/edisi = Rp. 180.000/tahun, sedangkan SP Rp. 150.000/tahun (data November 2011). Menyenangkan jika kita punya majalah dalam bentuk hardcopy, namun tiras yang terlalu besar dan diutamakan untuk dokter anak, menjadikan dokter umum bukan sebagai prioritas pngiriman.

Untuk itu, sebagai salah satu asisten editor PI, sekilas saya akan membagi info, termasuk cara mendapatkan softcopy secara gratis (free full text downloaded), artikel2 di PI dan SP.

1. Paediatrica Indonesiana (PI)

Menteng-20111125-00059Alkisah, PI sudah lama diterbitkan sejak tahun 1973, namun penerbitan memang tidak sesuai jadwal, kadang terbit kadang tidak. Bahkan, penerbitan sempat terhenti sama sekali di tahun 2000. Pemimpin redaksi sempat berganti Kemudian kepemimpinan redaksi di pegang oleh Prof. DR. Dr. Sudigdo Sastroasmoro, Sp.A (K), dan PI terbit kembali secara teratur walau terkadang lebih lambat dari waktu yang dijadwalkan.

Untuk dokter umum yang tertarik dengan dunia kesehatan anak, maupun yang ingin mendaftar PPDS anak terutama di FKUI, PI merupakan salah satu bacaan acuan.

Makalah-makalah PI sejak tahun 2001, dapat kita unggah (download) dan nikmati melalui website resmi PI yaitu:

http://www.paediatricaindonesiana.org

Kalau lupa, masih bs googling, dan ketik paediatrica indonesiana, pasti keluar yang pertama..=P

Tinggal masukkan nama penulis ataupun kata kunci yang ingin kit cari.

2. Sari Pediatri (SP)

Langkah 1:

Buka website SP:

http://www.idai.or.id/saripediatri/

Unuk SP, ada sedikit kekhususan, artikel di SP tidak dapat di download menggunakan server Modzilla Firefox, karena tidak support dengan programnya sehingga kita tidak bisa mengunggah dengan menggunakan Modzilla. Bukalah dengan menggunakan internet explorer.

Langkah2:

Jangan ragu jika Anda belum memiliki username dan password, klik klik disini
dibawah kotak username dan password. Isi dan lengkapi data tersebut. Tunggu beberapa saat, masukkan nama dan password yang Anda telah buat.

Menteng-20111125-00061

Voila, Anda sudah bisa mengunggah isi dari majalah Sari Pediatri tanpa harus mebayar biaya berlangganan.Open-mouthed smile

3 comments:

  1. mbak gmn carany ikutan jd asisten editor, pengen :)

    ReplyDelete
  2. Mmmh, asisten editor kan ber-2..kalau salah 1 nya ada yg mau resign, kita lempar lowongan magang ke milist angkatan atau public area lainya..Biasa nya diminta CV, syarat2 lainnya: mau bekerja dlm 1 tahun, TOEFL diatas 550, dan nanti akan diwawancara Pemrednya (skrg masih Prof. Digdo, taun depan akan ganti)..Kalau calonnya bnyk, biasanya Pemred ngadain tes tertulis kecil2an..
    Rencananya bulan Mei kita mau cr pengganti..=)

    ReplyDelete
  3. Mbak kalau asisten editor TOEFL LBI UInya harus diatas 500, pakai yang Toefl Institutional base (300.000) atau yang Toefl prediction (75.000)?

    ReplyDelete